Selasa, 12 April 2016

TELAGA WARNA PUNCAK BOGOR


Telaga Warna Puncak Bogor adalah sebuah objek taman wisata alam yang lokasi nya terletak di kawasan Pass Cisarua Bogor. Taman wisata yang berada kawasan Cagar Alam yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam ini merupakan salah satu primadona objek wisata yang terkenal karena pesona keindahan alamnya. Hamparan kebun teh yang membentang luas serta udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian 1400 Mdpl menawarkan sensasi perjalanan wisata yang tenang dan menyenangkan. Sehingga sangat cocok dan tepat untuk dijadikan salah satu alternative tempat wisata bagi Anda yang ingin sejenak melupakan kesibukan kerja selama seminggu ke belakang. Luas keseluruhan Taman wisata Telaga Warna sendiri adalah 5 hektar, sedangkan luas telaganya adalah 1.5 hektar.

Salah satu keunikan danau Telaga Warna sehingga mampu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri adalah airnya yang dapat berubah-ubah warna. Bebearpa hasil penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa terdapat tujuh warna air Telaga Warna. Pantulan dari berbagai warna pepohonan di sekitar danau menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan warna tersebut.

Beraneka jenis pepohonan terlihat begitu rindang dan tumbuh sumbur mengelilingi area kawasan taman wisata ini. Beberapa tanaman yang paling banyak dijumpai diantaranya adalah jenis pohon Puspa serta Saninten. Selain itu, kita juga bisa menjumpai beraneka jenis satwa liar yang hidup di kawasan taman wisata tersebut, seperti Kera Abu-Abu, Surili serta Lutung. Terdapat pula beberapa jenis burung, seperti Tekukur, Puyuh, Kadanca, serta Walet.

Sejarah Telaga Warna Puncak Bogor

Dahulu Telaga Warna adalah patilasan atau peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Suarnalaya dengan permaisurinya bernama Purbamanah. Setelah sekian lama menikah, sang raja tak kunjung dikarunia seorang anak. Maka beliau memutuskan untuk bertapa, memohon kepada Tuhan agar segera diberi keturunan.

Setelah sekian waktu bertapa, akhirnya sang raja mendapat wangsit yang isinya berupa saran agar ia mengangkat seorang anak. Dan ternyata setelah beberapa bulan kemudian sang Permaisuri pun hamil dan melahirkan dengan selamat dan sehat.

Suatu hari setelah sang puteri dewasa, Sang raja mengadakan pesta dan memberikan hadiah kepada puteri semata wayangnya tersebut sebuah kalung. Namun sang puteri tidak mau menerima hadiah kalung tersebut hingga akhirnya sang permaisuri pun menangis dan tiba-tiba bagian pendopo kerajaan mengeluarkan air yang deras yang semakin lama semakin membesar, hingga akhirnya keraton Kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam.

Lokasi Menuju Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna Puncak Bogor terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Bogor. Jalan menuju wisata Telaga Warna sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila kita berangkat dari arah Bogor, maka patokannya adalah masjid Atta’awun. Setelah melewati masjid di sebelah kiri jalan ada sebuah jalan kecil yang dilapisi paving block yang merupakan jalan masuk ke area wiata Telaga Warna. Sedangkan bila kita dari arah Cianjur maka patokannya adalah restoran Rindu Alam.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman Wisata Telaga Warna puncak Bogor dibuka setiap hari bagi para wisatawan mulai dari jam 08.00 wib dan tutup pada jam 17.00 wib. Sedangkan harga tiket masuk adalah sebesar Rp 7.500,- untuk setiap pengunjung.

0 komentar:

Posting Komentar