Jumat, 15 April 2016

MUESEUM GEOLOGI BANDUNG

Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang dilindungi negara serta merupakan warisan nasional yang kini keberadaannya sudah merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di kota Bandung, sehingga nilai bangunan bersejarah yang sarat makna dan yang didalamnya terdapat banyak materi geologi yang sangat berharga ini, di zaman sekarang telah menarik minat banyak wisatawan yang sedang liburan ke Bandung untuk mengunjungi tempat ini.

Dibangun pada tanggal 16 Mei 1928, Museum Geologi Bandung kemudian pernah dipugar serta direnovasi dengan dana pembangunan yang berasal dari dana bantuan dari JICA Jepang ( Japan international Cooperation Agency ) sebesar 754,5 juta Yen, sehingga Museum ini adalah Sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang menarik sekaligus  sangat refresentatif dan sangat layak dikunjungi di Bandung untuk keperluan pendidikan atau penelitian yang dibuka secara resmi untuk umum oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

A.KOLEKSI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG LANTAI 1

Lantai satu gedung museum geologi bandung terbagi menjadi 3 ruang utama dengan fungsi yang berbeda-beda setiap ruangannya, dan berikut adalah perinciannya :

1.Ruang orientasi di bagian tengah, Ruang Orientasi berisi peta geografi Indonesia dalam bentuk relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi, bilik pelayanan informasi museum serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian.
2.Ruang Sayap Barat,dikenal sebagai Ruangan khusus Geologi Indonesia, yang terdiri dari beberapa bilik ruang yang akan memberikan seputar informasi tentang Hipotesis terjadinya bumi di dalam sistem tata surya,Tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia,Keadaan geologi sumatera,Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara serta Irian Jaya dan sejumlah Fosil fosil serta sejarah manusia menurut evolusi Darwin

3.Ruang Sayap Timur, adalah Ruangan yang akan mendeskripsikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup ( evolusi ), sejak zamanmanusia primitif hingga modern, yang mendiami planet bumi ini dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan, kemudian Kumpulan fosil tengkorak manusia-purba yang ditemukan di Indonesia, serta Sejarah pembentukan Danau Bandung purba yang melegenda yang bisa anda baca di sini : Sejarah Sang hyang tikoro )

B.KOLEKSI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG LANTAI 2

Untuk Lantai 2 Museum Geologi Bandung terbagi menjadi 3 bagian Ruangan utama, yaitu bagian tengah, barat, dan timur dan dengan fungsi yang berbeda-beda setiap ruangannya, dan berikut adalah perinciannya :

1.Ruang Timur lantai 2 Museum Geologi Bandung Terbagi menjadi 7 ruangan kecil, yang kesemuanya ditujukan untuk memberikan informasi seputar aspek positif & negatif tatanan geologi bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia.

Ruang 1, informasi manfaat dan kegunaan mineral atau batu bagi manusia.
Ruang 2, rekaman kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya mineral di indonesia
Ruang 3,informasi tentang pemakaian mineral dalam kehidupan sehari-hari, baik secara tradisional maupun modern.
Ruang 4, informasi cara pengolahan dan pengelolaan komoditi mineral dan energi
Ruang 5, informasi tentang berbagai jenis bahaya geologi (aspek negatif) seperti tanah longksor, letusan gunung api dan sebagainya.
Ruang 6, informasi tentang aspek positif geologi terutama berkaitan dengan gejala kegunungapian.
Ruang 7, informasi tentang sumberdaya air dan pemanfaatannya, juga pengaruh lingkungan terhadap kelestarian sumberdaya.
2.Ruang Tengah Museum Geologi Bandung Berisi informasi maket pertambangan emas terbesar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya seperti Bebatuan asal Papua (Irian Jaya), Miniatur pengeboran minyak bumi dan Miniatur pengeboran gas bumi.
3.Ruangan Barat lantai 2 museum geologi bandung adalah untuk staf Museum Geologi Bandung

TIKET MASUK :
2.000 / pelajar, dan Rp.3.000 untuk wisatawan lokal/domestik serta Rp.10.000/wisatawan asing atau mancanegara.
Dibuka siang mulai pukul 09.00 s/d sore pukul 15.30 wib pada hari Senin sampai Kamis, dan pukul 09.00 s/d pukul 13.30 siang pada hari Sabtu dan Minggu. Sementara salah satu tempat rekreasi di bandung ini harus tutup ketika hari Jumat dan hari libur nasional.

ALAMAT :
JL. Diponegoro Nomor 57 kota Bandung (dekat dengan gedung sate)
Telp.(022) 7213822.

RUTE PERJALANAN :
Lokasi museum ini sangat mudah dicapai karena berada di tengah kota dan banyak kendaraan umum yang lewat. Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa menaiki angkot dengan nomor 10. Angkot yang bewarna kuning – hijau ini memiliki rute Stasiun Hall – Sadang Serang. Bila menaiki angkot ini, mintalah untuk turun di pertigaan Masjid Pusdai, kemudian setelah turun Anda harus menaiki angkot nomor 05 bewarna hijau – hitam. Angkot ini mempunyai rute Cicaheum – Ledeng dan melewati Museum Geologi Bandung.

LOKASI : VIA GOOGLE MAPS


0 komentar:

Posting Komentar