Senin, 18 April 2016

GUNUNG PUTRI LEMBANG

Masih di kawasan Bandung Barat, sekarang Sahabat Traveller's akan saya ajak saya ajak ke GUNUNG PUTRI LEMBANG. Gunung Putri adalah merupakan salah satu Tempat wisata alam di lembang yang berupa sebuah bukit yang arealnya banyak ditumbuhi dengan rumput dan pohon kecil lainnya yang di tengahnya terdapat sebuah tugu yang populer dengan Tugu Sespim. Salah satu Tempat yang menurut penulis sangat asyik ini memang belum terlalu ramai dan populer seperti bukit di bandung lainnya yang sudah populer terlebih dahulu seperti bukit bintang, Cartil atau bahkan tebing keraton, apalagi apabila dibandingkan dengan tempat wisata gunung di bandung yang sudah melegenda sekelas Gunung Tangkuban Parahu.

Sahabat traveller’s, perlu dicatat bahwa bagi para pendaki gunung atau penggila hiking yang ingin merasakan pengalaman baru sekaligus berbeda, maka gunung putri Lembang inilah merupakan pilihan tepat.

Tempat ini juga amat cocok bagi para pendaki pemula karena trek gunung putri lembang relatif bisa dijadikan latihan.Selain bisa menikmati udara yang fresh khas pegunungan, sejauh mata kita memandang akan dimanjakan dengan eksotisme view kota Bandung yang tampak dari indah dari ketinggian, terlebih pada waktu malam hari, karena gemerlap lampu-lampu kota terhampar dengan sangat indah di depan mata.

WISATA SEJARAH DI GUNUNG PUTRI LEMBANG

Sahabat traveller’s, ada satu hal yang menartik lainnya yang ada di puncak bukit Gunung Putri,yaitu adanya sebuah benteng peninggalan zaman kolonial Belanda.Meskipun keadaanya memprihatinkan yakni terbengkalai dan tidak terurus dimana bangunannya tertutupi ilalang serta tanah.Tidak banyak yang tahu akan sejarah Benteng Belanda di gunung putri ini, hanya warga masyarakat sekitar lokasi populer menyebutnya Benteng Gunung Putri dan Benteng Jayagiri. Ukuran bentengnya lumayan lebar dan luas. Konstruksi bangunan bentengnya terlihat masih kuat, dimana di bagian atas benteng tertutupi oleh timbunan tanah dan ditumbuhi ilalang serta semak belukar. Benteng ini dibangun belanda antara tahun 1913-1917, tepat pada masa Perang Dunia pertama.

MISTERI GUNUNG PUTRI LEMBANG

Sahabat traveller’s pecinta blog informasi wisata bandung terkini,selain gunung putri selain sebagai salah satu tempat wisata bangunan bersejarah yang ada di bandung,juga memiliki cerita misteri akan sebuah legenda yang menyelimuti keberadaan bukit kecil di kawasan wisata lembang ini. Anda pasti sudah mendengar Legenda Sangkuriang bukan ?, nah perlu sahabat ketahui, konon ceritanya eksistensi Gunung Putri ini diduga kuat sangat erat hubungangannya dengan cerita rakyat terpopuler jawa barat tersebut.

Sahabat, keberadaan Gunung Putri Lembang dalam sasakala legenda Sangkuriang diyakini adalah sebagai tempat pelarian sekaligus persembunyian Dayang Sumbi ketika dikejar-kejar oleh sang anak, sangkuriang, karena ketidakinginannya untuk dinikahi oleh anaknya sendiri dan lokasinya dengan tangkuban perahu sangat dekat.Selain Gunung Tangkuban parahu dan Gunung Putri ternyata ada pula Gunung yang terkait dengan legenda Sangkuriang tersebut lainnya yakni Gunung Burangrang yang konon terbentuk dari rangrang ( ranting ) pohon bekas membuat perahu dan Gunung Bukit tunggul yang menurut cerita bekas tunggul pohon untuk membuat perahu oleh Sangkuriang.


ALAMAT GUNUNG PUTRI LEMBANG

Anda pernah mendengar kebun bunga cihideung lembang yang terkenal itu ? nah lokasi dari gunung putri ini ada di daerah Cihideung Lembang Bandung, jadi apabila anda mau datang ke sini, akan sangat mudah menemukannya.
HARGA TIKET MASUK GUNUNG PUTRI LEMBANG

Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang murah, hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000/orang, anda sudah bisa menikmati eksotisme suasana dan keadaan sekitar gunung putri yang dijamin anda bisa betah berlama-lama di sini, apalagi di waktu malam.
PETA GUNUNG PUTRI LEMBANG

Untuk informasi peta lokasi maps gunung putri, silahkan buka di sini.

RUTE JALAN KE GUNUNG PUTRI LEMBANG

Dari ledengan naik angkot ST Hall-Lembang, turun di Jalan Jayagiri.
Dari Jalan Jayagiri jalan kaki menuju gerbang Jayagiri
Di gerbang bayar Rp 5000/orang. Masuk area hutan yang menanjak sampai menemukan jalan berbatu/ jalan koral. Bila lurus akan masuk kembali ke dalam hutan menuju Tangkuban Perahu. Bila belok kiri menuju perkebunan teh. Sedang belok kanan menuju gunung Putri.Ambil jalur kanan.
Jalan kaki kembali sampai menemukan pertigaan ke dua. Ingat jangan sampai terkecoh. Ada pertigaan yang sangat mirip dengan pertigaan menuju Gunung putri. Pertigaan yang mengecoh itu, bila ambil jalur kanan akan masuk jalan tanah. Sedang ke kanan masih jalan koral. Maka ambil lagi arah kanan sampi menemukan jalur menuju gunung putri yang benar.
Bila telah sampai pertigaan, ambil jalur kanan yang berupa tanah. Bila hujan jalannya penuh dengan kubangan dan lumpur. Bila belok kiri akan tembus ke gerbang cikole.
Di sebelah kiri jalan berlumpur ada jalan setapak yang menanjak masuk hutan pinus. Ikuti saja jalan itu sampai menemukan lahan datar berumput. Dari lahan datar tersebut bila belok kanan akan menuju Benteng Belanda. Bila bekol kiri akan menemukan jalan setapak yang langsung menuju Gunung Putri.


Nah demikian saja sahabat traveller’s info wisata di Bandung kali tentang salah satu tempat wisata alam pegunungan di lembang bandung yang bernama Gunung Putri.Selamat berlibur dan bagi penyuka alias pecinta alam dan kegiatan hiking, inilah tempat atau rekomendasi dari penulis. [ Tempatwisatadibandung.Info # Gunung Putri Lembang ]

0 komentar:

Posting Komentar