Selasa, 19 April 2016

SITU PATENGGANG

Situ Patenggang adalah tempat wisata di Bandung Selatan yang berupa sebuah danau. Danau yang berada di ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut ini mempunyai pemandangan yang asri dan sejuk dengan perkebunan teh di sekitarnya. Danau yang mempunyai luas sekitar 45.000 hektar ini merupakan bagian dari cagar alam yang mempunyai luas lebih dari 123.000 hektar.

Asal nama Situ Patenggang

Nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda yaitu ‘situ’ yang berarti danau, dan ‘pateangan-teangan’ yang berarti saling mencari. Ada sebuah mitos tentang Situ Patenggang yang menceritakan tentang cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terpisah sangat lama. Karena cinta mereka yang sangat dalam, mereka berdua saling mencari sampai pada akhirnya bertemu di suatu tempat yang sekarang disebut sebagai ‘Batu Cinta’. Setelah bertemu kembali, Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu supaya mereka dapat berlayar bersama.


Saat ini, perahu tersebut dianggap telah berubah menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati bernama Pulau Asmara atau sering disebut Pulau Sasaka. Menurut cerita rakyat setempat, pasangan yang datang ke batu cinta dan pergi berkeliling pulau asmara akan mempunyai cinta yang abadi.



FASILITAS

Situ Patenggang dikelola sebagai tempat wisata, oleh karena itu tentu saja tempat ini mempunyai sarana wisata yang mencukupi, di antaranya:

Gazebo
Toilet
Mushola
Penginapan
Area parkir
Penyewaan perahu
Sepeda air
Toko buah
Toko souvenir
Rumah makan
Perahu angsa


Kegiatan wisata di Situ Patenggang

Selain berkeliling di tepi danau dan menikmati keindahan alam yang asri, Anda juga dapat melakukan kegiatan wisata berikut:
Memancing
Bermain sepeda air
Mengelilingi danau dengan perahu warna-warni
Piknik di pinggir danau
Berjalan-jalan di kebun teh
Mengunjungi batu cinta
Mengelilingi Pulau Asmara


RUTE PERJALANAN

Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan ini berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Danau yang berlokasi dekat dengan Kawah Putih ini dapat dicapai dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari kota Bandung. Biasanya wisatawan akan mengunjungi kedua tempat ini sekaligus karena hanya berjarak sekitar 10 menit.

Sama dengan ketika Anda ingin berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, untuk dapat mencapai danau paling terkenal di Bandung ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan rute perjalanan dari Jakarta menggunakan tol ke Bandung kemudian keluar dari pintu tol Kopo dan mengarah ke: Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum maka Anda dapat naik kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang Bandung yang menuju ke Terminal Ciwidey. Setelah sampai di Terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot yang mengarah ke Situ Patenggang.

Harga tiket masuk Situ Patenggang
Untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk dengan harga per orang:

Wisatawan lokal: 15.000 Rupiah
Wisatawan asing: 50.000 Rupiah
Untuk kendaraan, tarif masuknya adalah:

Motor: 3.500 Rupiah
Mobil: 11.500 Rupiah
Bus: 22.000 Rupiah
Tarif lain-lain:

Penyewaan perahu per perahu: 150.000 Rupiah
Penyewaan perahu per orang: 15.000 Rupiah
Perahu angsa: 40.000 Rupiah
Penyewaan tikar: 10.000 Rupiah
Penginapan: 600.000 Rupiah
Harga tersebut dapat berubah tergantung waktu kunjungan (akhir pekan atau hari kerja) dan kegiatan tawar menawar harga.

LOKASI KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar